"Sambatan" Dusun Pokoh 1 Dlingo Tetap Membumi


Sambatan "Gotong Royong"  merupakan sikap mulia, agung, sarat dengan persamaan, persaudaraan dan ikatan batin antara setiap individu yang menerapkannya sebagai perilaku hidup dan semangat yang didalamnya terkandung semua nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

Apakah gotong royong masih dapat dipertahankan mengingat makin pesatnya pengaruh globalisasi yang memudarkan nilai-nilai luhur bangsa. Globalisasi adalah proses perubahan yang pasti akan terjadi dan tidak dapat lagi terbendung karena globalisasi berkembang melalui teknologi, ekonomi, kebijakan politik dan persebaran informasi. Lalu apa pengaruh globalisasi terhadap budaya gotong royong serta bagaimana Pancasila menjadi filter pengaruh globalisasi dan bagaimana kita harus menyikapinya.

Dusun Pokoh 1 yang berada di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo merupakan sebagian kecil dusun dari Kecamatan Dlingo yang masih mempertahankan budaya sambatan"Gotong Royong".  Tidak ada yang asing dengan istilah sambatan ini bagi masyarakat dusun Pokoh 1. Dusun Pokoh 1 ini adalah miniatur Kecamatan Dlingo yang masih Asli, menginggat wilayah dusun-dusun lain yang sudah mulai berkembang menjadi dusun semi industri rumah tangga yang kehidupannya sudah mulai riuh dengan masyarakat yang tanggungan hutang modal ke bank dan badan usaha keuangan lainnya. Sehingga memaksa mereka untuk mengejar target angsuran dan akhirnya meninggalkan sambatan.








0 Melu Omong:

Posting Komentar

Saksampunipun Maos Nyuwun dipon Unek-Unekken